Resep Donat Empuk - Low Budget - Anti Gagal (Donat Empuk MomyChaa) by Ida Nurmawati



by Ida Nurmawati

Nemu resep donat Mb Icha Irawan (Donat Empuk MomyChaa) ini di instagram, ternyata memang empuk banget. Udah coba berbagai resep donat, tetep baliknya ke resep ini lagi...
Menurut saya ekonomis, dan pasti empuknya...

Favorit orang rumah deh, dibuatin donat kentang (yg terkenal empuknya), tp mintanya teteeup donat yg ini....
Cukup tabur gula donat, nyessss,,, empuk puk puk...

Biasa bikin setengah resep utk sekali makan, kalo dibentuk manual seperti di foto, setengah resep bisa jadi sekitar 20 an.. Kl pake cetakan donat uk. sedang, jadi sekitar 15 donat...

Hasil Jadi 40 buah

Bahan-bahan
500 gr tepung protein tinggi (me : cakra)
250 ml air hangat
5 sdm gula pasir
2 butir kuning telur
100 gr margarin, cairkan, dinginkan (me : palmia)
6 gr (1,5 sdt) ragi instant (me : fermipan)
2 sdm susu bubuk (kadang ga pake)
Minyak untuk menggoreng
Gula halus untuk taburan


Langkah

Dalam wadah, masukkan 250 ml air hangat (jgn panas ya, nanti ragi mati), masukkan 5 sdm terigu, gula, ragi. Aduk dengan sendok, searah jarum jam smpai tercampur rata.



Masukkan setengah terigu, uleni setengah kalis, masukkan satu per satu kuning telur, susu dan margarin. Uleni, masukkan sisa terigu.



Uleni kalis elastis, halus, licin dan tidak lengket. Sekitar 6 - 8 menit. Taruh dalam wadah yg sdh dolesi sedikit minyak (kl saya di wadah yg sama dg tempat menguleni), tutup dengan plastik wrap, atau kain lembab.

Diamkan smpai mengembang 2x lipat, atau sekitar 45 mnt.



Kempiskan adonan, uleni sebentar, bagi, dan bentuk bulat adonan. Diamkan lagi, sekitar 10mnt.



Panaskan minyak untuk menggoreng, buat lobang dengan jari telunjuk, masukkan ke dalam minyak, goreng dg api kecil, dengan sekali balik. Angkat.



Taburi dengan gula, atau hias sesuai selera.



Jika menggunakan cetakan donat, setelah adonan mengembang 2xlipat, kempiskan adonan, uleni sebentar, gilas dengan rolling pin, dg ketebalan 0,5 cm, cetak, diamkan 10 menit, goreng.



Adonan bs disimpan di freezer, setelah mengembang 2xlipat, kempiskan, uleni sbntr, bulatkan. Bungkus plastik wrap / plastik biasa (pastikan tidak ada udara yg masuk). Besoknya, tinggal dikeluarkan, diamkan sampai lentur kembali. Cetak. Diamkan 10mnt. Goreng.



Sy biasanya melakukan ini jika perlu donat pagi". Suhu dingin freezer membuat fermentasi ragi berhenti sementara.


Followers