Resep Cumi Tepung Asam Manis by mbaiyya



by mbaiyya

Sebenernya bukan karna ga doyan makanya jarang masak seafood. malah favorit banget cumi sm ikan, udang jg aku masih makan kok. tapi memang tiap beli cumi atau udang biasanya sayang mau masaknya, mending aku simpen buat ponakanku yg nginep tiap weekend. masaknya juga ya gini2 lagi karna mereka memang doyannya paling ditepungin, atau dikasi saos tomat+kecap.

Bahan-bahan
500 gr cumi, buang kepalanya, bersihkan, potong2
2 sdm air jeruk nipis
2 putih telur
1 sdm susu cair
1/2 sdt garam

Bahan pelapis:
10 sdm terigu segitiga
10 sdm tapioka
1 sdt garam (sesuai selera)
1 sdt garlic powder
1/2 sdt kaldu bubuk non msg
1/2 sdt lada bubuk

Bahan saos:
1 buah bawang bombay, iris tipis
2 butir bawang putih, iris tipis
1 sdm saos tomat
2 sdt saos tiram
1 sdt kecap manis
1/2 sdt gula pasir
3/4 sdt garam
75 ml air

Langkah
Lumuri cumi dengan air jeruk nipis, diamkan 15 menit. Cuci, tiriskan.
Kocok lepas putih telur, tambahkan susu cair dan garam. Kocok rata.
Campurkan semua bahan pelapis dalam satu wadah, aduk rata.
Gulingkan cumi ke putih telur, lalu gulingkan ke tepung pelapis sambil ditekan2. (kalo pengen lebih tebel gulingkan dulu ke tepung pelapis lalu putih telur lalu ke tepung pelapis lagi).
Panaskan minyak dgn api kecil, lalu masukkan cumi. Goreng hingga golden brown. Angkat, tiriskan. Sisihkan.
Tumis bawang putih dan bawang bombay hingga wangi. Masukkan saos tiram dan saos tomat, aduk rata.
Tambahkan air dan gula pasir, aduk rata. Masukkan kecap manis dan garam (skip garam bila dirasa sdh cukup asin), aduk rata, kecilkan api. Masukkan cumi yg sdh digoreng, aduk rata.
Matikan api, sajikan.
Semoga bermanfaat.


Followers