Resep Tongseng Sapi by Xanderskitchen



by Xanderskitchen

Supaya berasa ikut hari raya Idul Adha sy jg masak daging donk 😄 pengennya makan nasi kebuli tp pagi2 pembantu udh terlanjur masak nasi banyak. Ok lah banting setir masak tongseng aja. Tongseng sy warna nya merah krn sy banyak pake cabe, cabe rawit utuhnya ikut ancur juga krn dimasak lama wkwwkk makin merah lah tongsengnya. Kecap manis bisa ditambah buat yg suka manis kalo sy pas2 aja manisnya ga maniis banget. O ya masak bukan matematika ya, ngga ada rumus pasti harus begitu begini. Kita bebas berkreasi entah itu dibumbu atau cara masak. Kan yg masak kita yg tau selera kita gimana ya kita sendiri. Suka2 kita lah 😄 Kecuali masakan tradisional kyk sayur asem sy pakein kluwek kalo itu sih boleh dibilang ngaco 😄😁 kalo cm beda di jumlah rempah, satu dua bahan yg ditiadakan atau cara masak yg beda sah2 aja. Kembali lg ini masakan sy, cara masak sy, ya suka2 sy 😉 mau ikut monggo ngga juga ga dipaksa. As simple as that

Hasil jadi 6 porsi

Bahan-bahan
1 kg daging sapi (sengkel / sandung lamur enak)
5 lbr kol, iris kasar
1.5 L santan dr 1 btr kelapa
15 bh cabe rawit utuh
seruas lengkuas dimemarkan
4 lbr daun salam
2 btg sereh dimemarkan
2 bh tomat potong2
4 sdm kecap manis
secukupnya garam, gula
Bumbu yg dihaluskan :
12 btr bawang merah
7 siung bawang putih
8 bh cabe merah keriting
4 bh kemiri
4 sdt ketumbar
2 sdt merica
seruas kunyit

Langkah
Tumis bumbu halus bersama daun salam, sereh, lengkuas hingga harum
Masukkan daging sapi yg sudah dipotong2 aduk sampai berubah warna
Tambahkan santan, masukkan cabe rawit, kecap manis, garam, gula secukupnya

Masak sampai daging cukup empuk dan kuah mengental. Cicipi. Menjelang angkat masukkan kol dan tomat



Sajikan tongseng panas dg ditaburi bawang goreng. Sedaap bangettt


Followers