Resep Nasi kebuli by Xanderskitchen



by Xanderskitchen

Udah lamaaa banget mau posting resep ini ...tp ga jadi2 mulu 😂 lumayan ribet sih. Step2nya banyak bener 😁 tp kalo ga di posting sayang juga krn udah sempet moto2 pas masak. Sekarang momen nya tepat jg kali pas menjelang lebaran siapa tau ada yg pengen bikin nasi kebuli jg selain ketupat dkk nya. Nasi kebuli ini laris banget dirumah, kebetulan kami semua suka sama jenis nasi2 yg dimasak harum berempah kyk nasi kebuli, nasi minyak, nasi kuning ,nasi uduk. Makan kebuli ini jd inget nasi goreng kambing kebon sirih langganan di jkt 😂...krn ngga ada kambing sy pakai sapi, enak kog. Yuk coba masak sekalipun rada ribet sesuai lah dengan hasilnya, nasi nya haruuum bangeett, rasanya enaaak pkknya cocok bangett...jujur ribet nya krn sy lupa takaran2 bumbu nya 😂😂

Bahan-bahan
4 cup beras
500-700 gr daging sapi (kurang lebih ya sy lupa 😁)
1 bh bawang bombay, cincang kasar
12 btr bawang merah, cincang kasar
7 siung bawang putih, cincang kasar
5 btr kapulaga
1 btg kayu manis
3 bh pekak (bunga lawang)
5 sdm susu cair / santan
2 sdm saus tomat
1 sdm bubuk kari
secukupnya garam, gula, air
Bumbu yg dihaluskan :
6 bh cabe keriting merah
1/2 sdt adas
1/2 bh pala
1 sdt merica
1 sdt ketumbar


Langkah
Cuci beras, rendam 5 mnt. Tiriskan
Cuci bersih daging, potong2

Panaskan wajan tumis bawang2an, bumbu halus beserta kayu manis, cengkeh, pekak dan kapulaga sampai harum



Masukkan daging tumis sampai berubah warna, tambahkan 1 sdm bubuk kari



Tambahkan air, saus tomat, santan /susu cair beri garam, gula secukupnya masak sampai daging empuk. Jumlah air hrs agak banyak krn nanti sisa kaldu akan dipakai buat masak nasi



Angkat daging yg sudah empuk dr dalam kaldu. Tiriskan daging kemudian goreng



Gunakan sisa kaldu daging utk memasak beras. Cicipi dulu kaldunya jika sudah pas rasanya baru masukkan beras yg sudah dicuci ke dalam kaldu (jumlah kaldu sesuaikan dg jumlah beras yg dimasak ya. Jika terlalu banyak ambil kaldunya, jika kurang tambahkan air) aron beras sampai kaldu habis terserap beras



Kukus beras aron sampai matang



Hidangkan nasi kebuli dg daging goreng. Taburin bawang goreng banyak2. Haruuum n sedaaap banget lho 👍 sy ga pake kismis ya krn anak2 ga suka




Followers