Resep Kue Sakura [jajanan tempo dulu] by Izza (Han)



by Izza (Han)

Ini resep ibu Malka... heheπŸ˜†

Manisnya gak berlebihan...
Nyempluk menul-menul...

Step yang paling bikin deg-degan buat aku tu pas bikin karamel...
Waktu udah jadi karamel pun masih gak tau itu hasilnya sukses apa pait πŸ˜… *beneran bego yah*

Bahan-bahan
Bahan A (karamel) :
125 gr Gula pasir
250 ml Air
Bahan B :
50 gr Margarin
Bahan C :
75 gr Gula pasir, sudah cukup manis (resep asli 125 gr)
2 butir Telur
Bahan D :
225 gr Terigu segitiga biru
1/2 sdt Baking soda/soda kue
1/2 sdt Baking powder


Langkah
Buat karamel. Panaskan gula pasir (aku pake panci yang berbahan teflon) dengan api paling kecil. Setelah karamel terbentuk sempurna, baru tambahkan air, set api sedang. Biarkan mendidih. Matikan api, sisihkan.



Panaskan margarin hanya sampai leleh, jangan mendidih.



Campur dan aduk semua bahan D (terigu + baking soda + baking powder)



Kocok bahan C (gula pasir dan telur) dengan menggunakan mixer sampai mengembang dan kental.



Tuangkan larutan karamel sambil di mixer keceparan rendah. Jika sudah matikan mixer. Pada saat setelah di tambahkan larutan karamel, adonan menjadi sangat encer. Don't worry... emang begitu hasilnya πŸ˜†



Tuangkan campuran tepung. Aduk rata menggunakan spatula



Terakhir, tuangkan margarin cair secara bertahap sambil diaduk dari dasar ke atas.



Tuangkan ke cetakan yang sudah bersemir minyak (kl bu malka cetakannya di semir margarin dan di tabur terigu tipis) setinggi 3/4 cetakan.



Kukus selama 15 menit dengan api besar. Tutup kukusan di bungkus dengan lap bersih. Note : sebelum 15 menit jangan dibuka-buka ya tutupnya...



Kl punya bu Malka bisa jadi 23 pcs. Tapi punyaku jadi 14 pcs doang... 😒

Montok !

Lembut bangeett... cocok jadi temen minum kopi hitam..
Aku cuma punya 6 pcs cetakan sakura ini. Lagi pula aku pake dandang sebagai alat ngukus yang cuma muat 6 cetakan aja.
Adonan ngantri giliran juga gak masalah...tetep hasilnya bagus gak kempes πŸ˜†πŸ˜‰



Followers