Resep Bolu Kukus Alpukat



Resep dasar dari bolu kukus Kara
Modifikasi by bibien


Bahan:

250 gr tepung terigu
225 gr gula pasir (kalo mau lebih manis & gampang inget tambahin jadi 250 gr)
250 ml juice alpukat (ambil 1 1/2 buah alpukat yang cukup besar diblender dengan 100 ml susu segar dan 100 ml WC non diary, hasilnya kurang lebih 350 ml)
3 butir telur
1 sdt emulsifier
1 1/2 sdt baking powder double acting
vanili secukupnya
Pewarna hijau secukupnya
Mocca pasta dan black forest pasta (dicampur) untuk aksen warana


Cara membuat:
Panaskan kukusan dengan api besar yang penutupnya diberi serbet agar air kukusan tidak jatuh ke adonan pada saat pengukusan.
Kocok gula dan telur sampai setengah mengembang, masukkan emulsifier. Kocok lagi sampai gula larut dan adonan mengental.
Masukkan 1/3 bagian tepung terigu yang telah diayak bersama baking powder sambil terus dikocok, masukkan juice alpukat.
Secara bergantian masukkan selang seling tepung dan juice, terakhir tepungnya (ini nyontek cara kalo bikin adonan cake.
Masukkan vanili dan pewarna hijau, kocok sebentar kemudian matikan mikser.
Ambil sebagian adonan di mangkok kecil, beri pasta mocca dan black forest, aduk sampai rata, taruh di kantong spuit kecil, potong ujungnya. Siap digunakan untuk aksen warna.
Sisa adonan masukkan dalam kantung spuit besar, potong ujungnya. Siap digunakan. (Kalo aku cukup disendokin aja, ga pake kantung spuit).
Siapkan cetakan bolu kukus yang sudah dialasi cetakan kertas, tuangkan adonan dasar 3/4 bagian, isi dengan adonan mocca-coklat sedikit, tutup lagi dengan adonan dasar.
Kecilkan api (panasnya sedang aja), jaga air tetap mendidih/ bergolak halus, supaya air tidak kena adonan.
Masukkan adonan dan kukus selama 10 menit.

Sumber: dapurenny.blogspot.com

Followers