Tips Adonan Cake Yang Bagus

Tips Adonan Cake Yang Bagus


Seringkali orang merasa sudah terampil membuat cake, meskipun terkadang hasilnya kurang sempurna. Bisa saja karena kurang bagus waktu mengadon cake. Berikut beberapa penyebab adonan kurang sempurna.

1. Adakalanya manisan buah sebagai penghias cake hanya berada pada dasar kue. Manisan ini tenggelam karena potongan buahnya terlalu besar dan berat. Sebaiknya buah dicuci dan dikeringkan lebih dahulu. Baru kemudian taburi sedikit tepung terigu sebelum dimasukkan dalam adonan kue.
2. Cake buah selalu digemari, baik yang legit, ekonomis, berwarna gelap atau ringan. Sayangnya saat dipotong ternyata hasilnya kurang cantik, pecah, dan remahannyapun banyak. Agar cake buah mudah diiris, simpan dalam lemari es dan potong selagi dingin. Irisan kue buah selanjutnya bisa disimpan dalam kotak kedap udara atau dibungkus alumunium foil.

3. Bila tekstur cake tampak padat dan keras bisa disebabkan karena kurang lama mengocok telur dan gula. Atau bisa juga saat memasukkan terigu kurang perlahan-lahan.
4. Adakalanya saat membuat bolu gulung, permukaan kue tampak pecah di sana sini. Ini bisa disebakan karena bolu terlalu matang dan terlalu kering. Tapi bisa juga adonan bolu dibiarkan terlalu lama sebelum digulung. Karena itu sebelum mengadon kue, persiapkan semuanya terlebih dahulu agar konsentrasi tidak terpecah pada yang lain.

Sumber: Tabloid Nova 2004

Followers