Cara Membuat Poached Egg

shuterstock
Poached egg atau telur yang direbus tanpa cangkang, sehingga menjadi olahan telur yang sangat cantik dan menggugah selera. Telur rebus ini memiliki ciri khas yaitu berbentuk kantung putih yang menyelimuti kuning telur setengah matang di dalamnya.

Namun, membuat telur rebus ini tidak mudah, karena salah-salah Anda akan merusak bentuknya. Akibatnya, telur tak lagi berbentuk kantung, dan kuning telurnya tak lagi utuh.

"Kesalahan yang sering dilakukan ketika membuat poached egg adalah langsung memecahkan telur di atas panci. Ini yang akan membuat bentuk telurnya jadi rusak," ungkap Dwi Rahmat, Asisten Chef Sunny Side Up kepada Kompas Female, saat pembukaan Sunny Side Up di mal Kota Kasablanka, Jakarta Selatan, beberapa waktu lalu.

Untuk membuat poached egg yang sempurna, sebaiknya pecahkan telur di dalam mangkuk kecil terlebih dulu. Kemudian, panaskan air dalam panci dan didihkan. Setelah mendidih, kecilkan api dan aduk sampai terbentuk pusaran kecil dalam panci. Angkat sendok, dan masukkan telur ke dalam panci. Diamkan sejenak sampai serabut putih telur menyelimuti kuning telur. Gunakan api kecil untuk memasaknya.

Diamkan sekitar 3-5 menit, tergantung kematangan telur yang diinginkan. Kemudian angkat dan tambahkan garam serta lada bubuk ke atas telurnya.

Sumber: Kompas Female

Followers