Kenali, olah, dan sajikan hidangan rumah Anda dengan penuh cinta. Semoga situs ini dapat memberikan hari-hari yang lebih bermakna bagi Anda.

Resep Cake|Rainbow Cake Lembut

Beragam kue dengan warna menyolok sedang menjadi trend dalam dunia kuliner. Baik cake, cookies, pancake, hingga puding. Kue  dibuat dengan menambahkan beragam warna sehingga terbentuk lapisan kue beda warna yang menarik.

Setelah Red Velvet cake dan Macaron, kini penikmat pastry disuguhi dengan hadirnya Rainbow Cake. Rainbow Cake pertama kali dipopulerkan oleh foodie blogger bernama Kaitlin Flannery  yang unjuk kebolehan dalam acara Martha Stewart di salah satu tv Amerika. Beranjak dari sini, demam Rainbow Cake hingga ke Indonesia.

Sebenarnya Rainbow Cake bisa dibuat dengan beragam adonan cake, baik pound cake maupun soft cake, namun kebanyakan orang membuat kue ini mengunakan adonan soft cake atau sponge cake. Kue ini lembut dan ringan karena penggunaan putih telur yang banyak dan sedikit menggunakan tepung terigu.

Untuk lapisan dan frosting atau toping atas cake bisa menggunakan frosting keju atau butter cream. Namun saya lebih suka tidak menggunakan fosting karena kue akan terlalu banyak mengandung kalori dan tinggi lemak. Saya mengganti lapisan lapisan cake dengan white cooking chocolate atau cokelat blok putih sehingga rasanya lebih ringan. Meskipun lezat, sebaiknya mengonsmsi kue ini jangan terlalu banyak karena banyak mengandung food aditive, seperti pewarna, cream of tar ar dan baking powder.  Selamat Mencoba. Resep/Dapur Uji/Foto: Budi Sutomo.

Rainbow Cake


Bahan:
180 g tepung terigu rendah protein (cap kunci)
100 g gula pasir
7 butir putih telur
5 butir kuning telur
60 ml minyak jagung/minyak selada
75 ml air
½ sdt cream of tartar
¼ sdt baking powder
¼ sdt esen vanilla/vanilla bubuk
½ sdt pewarna merah, jingga, kuning, hijau, biru, ungu
¼ sdt garam halus
Lapisan:
300 g white cooking chocolate, tim hingga meleleh
Cara Membuat:
1. Campur tepung terigu dengan baking powder, ayak. Sisihkan.
2. Tuang air ke dalam minyak, tambahkan esen vanilla dan garam. Aduk rata. Sisihkan.
3. Masukkan tepung terigu sedikit demi sedikit ke dalam campuran minyak, aduk perlahan hingga tercampur rata. Tambahkan kuning telur, aduk kembali hingga benar-benar tercampur rata.
4. Kocok putih telur dengan cream of tartar hingga mengembang, tuang gula pasir sedikit demi sedikit sambil terus dikocok hingga adonan putih telur mengembang kaku ( jika adonan diambil dengan sendok, sndok dibalik adonan telur tidak tumpah).
5. Tuang adonan putih telur sedikit demi sdikit ke dalam adonan tepung sambil diaduk perlahan hingga adonan tercampur rata.
6. Bagi adonan menjadi 6 bagian, beri masing-masing adonan dengan pewarna makanan yang berbeda. Aduk rata.
7. Tuang masing-masing adonan ke dalam loyang. Ratakan. Panggang di dalam suhu oven 170 derajat celcius selama 20 menit atau hingga cake matang. Angkat. Dinginkan.
8. Lapisi kue dengan cokelat tim, ratakan. Susun cake selapis demi selapis. Potong-potong cake. Atur di atas pinggans aji. Hidangkan.
Untuk 12 Potong

Tip: Anda bisa melapisi cake dengan frosting keju ( 60 g gula bubuk, 200 g cream cheese, 200 g mentega tawar, campur dan kocok hinga lembut) atau butter cream siap pakai.

Resep/Foto/Sumber: Budi Sutomo-budiboga.blogspot.com

0 comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.

© 2011 TTM|Tips Trik Memasak, AllRightsReserved.

Designed by ScreenWritersArena