Kenali, olah, dan sajikan hidangan rumah Anda dengan penuh cinta. Semoga situs ini dapat memberikan hari-hari yang lebih bermakna bagi Anda.

Tips|Cara Membuat Kentang Goreng Renyah

Setelah berkunjung dibeberapa situs, blog, dan forum, akhirnya nemu juga topik membuat kentang goreng renyah. Memang cukup sulit untuk menemukan tips membuat kentang goreng renyah, maklum saja ini adalah salah satu rahasia bisnis franchise kentang goreng, jadi gak mudah mendapatkannya. Kalau lah dapat materinya, mungkin hanya sepenggal-sepenggal.

Membuat kentang goreng renyah ternyata memakan proses yang cukup lama, mulai dari pemilihan jenis kentang (impor atau lokal), membersihkannya (sumpah, ini bagian paling menyita waktu bagi newbie/pemula), menggorengnya (ini proses yang paling menentukan), dan penyimpanan.

Mengapa kentang goreng di junkfood itu warnanya cantik (putih garing) sedangkan kalau buatan sendiri sering berwarna pucat kecoklatan? Ini berkaitan dengan pemilihan, pencucian, dan perebusan kentang. Ok, mari kita bahas tips membuat kentang goreng renyah dari awal [baca pelan-pelan ya]:

frech fries
1. Memilih jenis kentang

Pilihlah kentang yang segar dan besar ukurannya sekepal orang dewasa, bentuknya mulus, halus dan tidak memar, karena setiap perubahan warna pada kentang, terutama bagian dalamnya akan mengakibatkan warna kecoklatan dan rasa yang kurang enak. Jangan membeli kentang yang kulitnya kehijauan akibat paparan sinar matahari, karena terdapat racun [bahasa kerennya solanin] didalamnya.

2. Mencuci atau lebih tepatnya membersihkan kentang [potong2 sekalian]

Kupas kentang, atau gosok permukaan kulitnya sambil dialiri air sampai bersih jika tidak ingin mengupas kulitnya (karena kulit kentang mengandung serat). Potong-potong dengan ketebalan 1/2 cm dan panjang 6-10 cm.




3. Perebusan

Rebus kentang dalam air mendidih selama 5 menit atau sudah mulai keluar bau kentangnya. Kenapa harus direbus, bukannya malah lembek? Ini dia pertanyaan yang sering muncul. Tujuannya tidak lain adalah melarukan kandungan lilin [bila teman2 beli kentang kemasan] dan gula pada kentang yang dapat mengakibatan perubahan warna menjadi kecoklatan. Selain itu, perebusan kentang juga dapat mengurangi kandungan enzim alami pada kentang yang dapat mengakibatkan warna keabu-abuan. Penting! perebusan dapat menghindarkan kita dari muncratnya minyak saat kita menggoreng. Lalu bagaimana teknik merebusnya? Gunakan teknik Blansir [rebus, tiriskan [10 menit/benar2 kering] lalu rendam dalam air es selama 1 jam] kemudian keringkan lagi, bila perlu gunakan tisu.

4. Menggoreng Kentang

Ingat! proses penggorengan ini dilakukan 2[DUA] kali

Penggorengan pertama: Siapkan minyak yang banyak dan panas (kalau bisa minyak padat/trans) dengan suhu 150 derajat Celcius dalam penggorengan yang melengkung dalam. Setelah minyak panas, matikan apinya. Goreng kentang dalam kelompok-kelompok kecil, sekitar 8-10 potong  tiap kelompoknya, supaya kentang masak merata. Sebelum kentang berubah warna [matang 40%], angkat dan keringkan di atas tisu. Setelah kelompok pertama selesai digoreng, nyalakan kembali api di kompor sehingga suhu minyak berada dalam panas yang diinginkan. Ulangi sampai kentang habis tergoreng semua. Penting! Tingkat kematangan hanya sekitar 40-50 % saja. Setelah itu keringkan dan bekukan di freezer.


Penggorengan kedua: ambil kentang dari freezer, tunggu hingga tidak terlalu dingin. Kemudian goreng lagi sesuai instruksi pertama, hanya saja gunakan suhu yang lebih tinggi yakni 175 derajat Celcius selama 2-4 menit tambah bila perlu, pokonya sampai matang sempurna. Tiriskan, masukkan mangkuk dan taburi garam.

Semoga tips membuat kentang goreng renyah diatas bermanfaat.




Selamat Berkarya!

Admin TTM|Tips Trik Memasak







0 comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.

© 2011 TTM|Tips Trik Memasak, AllRightsReserved.

Designed by ScreenWritersArena