Cetakan Donat

Apa sih cetakan donat itu? Bentuknya kayak apa? Terbuat dari bahan apa? Terus kalau gak punya di ganti pake apa?. Berhubung penasaran sama pertanyaan ke-4[pengganti cetakan donat], makanya saya nanya langsung ke pakarnya, si Empu yang sudah sejak 1998 menguasai berbagai informasi dunia, siapa lagi kalau bukan si Mbah Google. Cetakan donat, kalau lagi search di mbah google yang nongol paling awal pasti forum tetangga yang lagi jualan alias promosi cetakan donat, terus sisanya ya sama aja [iklan]. Akhirnya langsung deh muter ke NCC-Indonesia, temen-temen ketik aja di google :D.

Foto: Fatmah Bahalwan


Nah di NCC itulah saya muter-muter nyari cetakan donat, dan akhirnya ketemu sama Bunda Fatmah Bahalwan, berikut penjelasannya:

Cetakan donat atau disebut juga Doughnut Cutter, cara pakenya mudah saja: setelah adonan donat digilas tipis, trus langsung cetak dengan cetakan ini. Tekan-tekan kuat saja sampai berapa adonan putus, nanti otomatis terbentuk cin-cin donat yang bulatnya pas banget. Donatnya selagi mentah abis dicetak rada gepeng, trus nanti bakal ngembang seragam nyempluk-nyempluk gitu deh :)

Nah, nantinya bakal ada ‘limbah’ potongan donat bulat kecil dibagian tengahnya. Donat limbah ini bisa dibuat sate donat, lucu deh. Trus ada lubang kecil diatas cetakan, gunakan untuk mengeluarkan udara saat mencetak. Jadi bukan salah tukang cetakannya lho ya! Cetakan donat seperti ini bisa didapat di Toko Bahan Kue (TBK), atau di pastrad bagian loyang-loyang.

Kalau belum punya, pakai teknik seperti ini (lihat foto). Bulatkan adonan lalu istirahatkan sampai ngembang, trus lubangi pake pipa (stainless atau paralon), jadi deh donat bolong rasa ploonnggg...! Siap digoreng :)




Sumber: Fatmah Bahalwan-NCC

Selamat Berkarya!
Admin TTM|Tips Trik Memasak

Followers